Trik Mancing Ikan Mas Babon Harian, Galatama, Dan Lomba

Februari 11, 2020
pusatkatilayu.com | Tidak ada teori pasti dalam dunia mancing. Baik itu mancing harian, galatama, maupun lomba. Semua trik mancing harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi kolam dan cuaca disekitarnya. Bisa saja suatu trik mancing bagus disatu kolam namun tidak berpengaruh ketika diterapkan dikolam pemancingan yang berbeda.
Trik Mancing Ikan Mas Babon Harian, Galatama, Dan Lomba
Trik Mancing Ikan Mas Babon Harian, Galatama, Dan Lomba

Bahkan, sering terjadi trik mancing tertentu sangat ampuh diterapkan pada hari ini, tapi pada hari-hari berikutnya trik yang sama tidak bekerja alias gagal total meski dilakukan dikolam yang sama. Oleh karena itu, kita sebagai pemancing perlu berpikir dinamis mengikuti situasi dan kodisi dalam menerapkan trik mancing.

Sebagai contoh, ada satu trik mancing dimana kita harus selalu melontarkan kail kita ditempat yang sama. Trik ini bertujuan agar ikan mas senantiasa berkumpul disatu tempat sehingga kemungkinan besar ikan-ikan mas tersebut memangsa setiap umpan yang kita lempar dititik tersebut. Ada juga trik mancing dengan cara ngebom. Tujuannya sama, yaitu agar ikan mas kumpul dititik pengeboman.

Namun, tahukah kamu jika trik mancing yang saya sebutkan diatas lebih efektif jika targetnya adalah ikan rame? Sedangkan jika ikan yang ditarget adalah ikan mas babon/ indukan, maka trik mancing tersebut kurang efektif meskipun kita telah menggunakan essen katilayu Cirebon yang telah membawa banyak pemancing menjadi sang juara galatama dan lomba.

Mengapa demikian? Untuk mengetahui jawabannya, kita perlu mengetahui serta mempelajari karakter ikan mas babon/ indukan pada umumnya…

Ikan mas babon memiliki karakter yang unik. Umumnya ikan mas babon tidak hidup secara berkelompok, dan ia lebih suka hidup menyendiri. Selain itu, ikan mas babon senantiasa berpindah dari satu tepian ke tepian lainnya. Dengan demikian, dapat dipastikan ikan yang terdapat disekitar spot kita melempar kail hanyalah ikan rame. Sementara ikan indukan hanya akan melewatinya sesekali saja.

Adapun alasan lain mengapa trik mancing yang saya sebutkan diatas kurang efektif jika targetnya ikan babon ialah karena gerakan ikan mas babon/ indukan kalah gesit bila dibandingkan dengan ikan rame sehingga ikan rame selalu lebih dulu memangsa umpan yang terdapat dikail pancing ketimbang ikan mas indukan.

Lalu, trik mancing seperti apakah yang efektif untuk mancing ikan mas babon? Yuk kita bahas lebih lanjut…

Melihat karakter/ sifat ikan mas babon/ indukan yang lebih suka hidup menyendiri ketimbang berkelompok serta gerakannya yang kalah gesit dibanding ikan rame, maka trik mancing ikan mas babon yang jitu yaitu dengan cara “jemput bola”.
Essen Katilayu Khusus Ikan Mas Babon 10ml

Trik “jemput bola” ini dapat kita lakukan dengan cara menghadang perlintasan yang biasa dilewati ikan mas babon. Salah satunya dan yang paling sering dilaluinya ialah bagian tepi kolam. Jadi, jika kita ingin menargetkan ikan mas babon, maka kita sudah seharusnya jangan melempar kail pancing terlalu ke tengah kolam.

Selain itu, sebaiknya kita jangan melempar umpan disatu titik saja, karena hal ini hanya akan membuat ikan rame lebih dulu berkumpul dititik tersebut sehingga ikan mas babon akan selalu tertinggal ketika mengejar umpan yang terdapat dikail.

Beruntung jika kolam tempat kita memancing ikan mas babon membolehkan penggunaan joran lebih dari satu, karena hal ini memungkinkan kita melempar kail dititik yang berbeda pada saat yang bersamaan sehingga sangat baik untuk menerapkan trik mancing ikan mas babon dengan cara “jemput bola” ini.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »