Cara Membuat Racikan Umpan Mancing Ikan Nila

Maret 12, 2018
pusatkatilayu.com: Ikan nila termasuk jenis ikan air tawar yang paling mudah ditemukan, baik dikolam, rawa, sungai, maupun di situ atau danau seperti situ Cirata di Purwakarta. Sehingga tidak heran jika ikan nila termasuk ikan yang paling sering dijadikan target mancing, terutama oleh para pemancing liar. Saya sendiri termasuk pemancing yang sering berburu ikan nila liar baik dirawa maupun situ.
Ikan Mujar Nila
Ikan Mujar Nila (pusatkatilayu.com)

Umpan mancing ikan nila umumnya memakai umpan alami seperti lumut atau cacing. Hal itu selain karena bisa didapatkan secara gratis, juga keduanya termasuk makanan yang paling disukai ikan nila. Namun masalahnya, ketersediaan cacing dan lumut sangat terbatas pada tempat dan musim. Kadang saya yang tinggal dikampung pun sulit mendapatkan lumut. Apalagi mereka yang tinggal ditengah kota.

Pada tulisan kali ini, saya ingin berbagi cara membuat racikan umpan mancing ikan nila. Baik untuk ikan nila kolam maupun ikan nila liar. Racikan umpan ikan nila ini sering saya pakai pada saat saya tidak dapat menemukan lumut atau cacing, dan hasilnya sangat jitu. Untuk dapat meraciknya, siapkan tiga bahan utama berikut:

1# Umpan dasar katilayu
2# Essen katilayu asli Cirebon
3# Essen wijsman

Jika ketiga bahan utama tersebut diatas telah siap, maka selanjutnya kita bisa langsung meracik umpan mancing ikan nila, dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1# Masukkan lima tetes essen katilayu kedalam sebuah wadah, kemudian tambahkan essen wijsman sekitar 5 tutup botol.
2# Aduk secara perlahan hingga essen katilayu dan essen wijsman menyatu.
3# Tambahkan satu bungkus umpan dasar katilayu ke dalam wadah yang sama.
4# Tambahkan air panas secukupnya, dan aduk hingga adonan umpan mancing ikan nila terasa kalis.
5# Racikan umpan mancing ikan nila siap digunakan.


Cara meracik umpan mancing ikan nila diatas dapat digunakan baik pada siang hari maupun malam hari. Juga cocok untuk ikan nila kolam maupun liar. Untuk mancing ikan nila yang susah makan, tambahkan serbuk DHA pada racikan umpan mancing ikan nila.

Perlu diketahui, racikan umpan mancing ikan nila diatas hasilnya kurang maksimal jika dipakai untuk mancing diatas jam sebelas malam atau dipagi hari sebelum matahari terbit.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »